Senin, 29 September 2008

Dasar-Dasar Algoritma & Pemrograman

Seorang pemrograman yang baik perlu didasari pemrograman yang kuat dalam hal logika & algoritma.Karena algoritma merupakan konsep dasar dari sebuah program. Sebuah algoritma terdiri dari langkah-langkah pertimbangan., sebuah algoritma sebuah dari penyelesaian masalah. Langkah-langkahnya harus logis , terstruktur, dan sistematis. Pemrograman juga perlu diberikan pemahaman terhadap data, type data, variabel, operator, perintah input dan output(I/O) dari suatu program.
Pada prinsipnya Komputer tidak mengenal bilangan, huruf atau lainnya, akan tetapi semua itu akan dikenal dalam bentuk rangkaian bilangan Biner (1) dan (0) yang dikodekan dalam bentuk simbol. Secara fisik Komputer adalah rangkaian elektronik yang dapat bekerja dalam dua keadaan yaitu dalam keadaan ada arus listrik mengalir (ON), yang diwakili oleh angka biner 1(Satu), dan kondisi tidak ada arus listrik (OFF)yang diwakili oleh angka biner 0(Nol). Simbol komputer dapat menghimpun kedalam suatu tabel ASCCI (America Standard Coded Information Interchange).
Bahasa pemrograman Komputer adalah suatu alat yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer. Fungsi dari pemrograman ini adalah sebagai susunan penerjemah perintah yang kita berikan kepada komputer melalui bahasa pemrograman.
Dunia pemrograman dipengaruhi oleh perkembangan sitem operasi (System operation),yang disebut sebagai rohnya komputer sehingga komputer dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna (user) . Sistem yang digunakan oleh system Komputer adalah DOS (Disk Operation System) , dan pada waktu itu system pembuatan program system (Text base), Kemudian muncul pemrograman Windows yang digunakan sebagai system Operasi, tepat pada tahun 1995, lahir sebuah system operasi yang sangat dikenal sebagai windows 95.mulai saat itu banyak bermunculan bahasa pemrograman windows sampai ke pemrograman visual seperti yang kita kenal sekarag ini. Pemrograman visual adalah pemrograman untuk mengolah data yang sangat luas seperti grafik yang sederhana hingga gambar foto,suara ,film(gabungan gambar dan suara) yang sangat dinamik dan menarik. Secara singkat pemrograman windows adalah pemrograman GUI(Graphical User Interface) .
Bahasa pemrograman adalah alat untuk berkomunikasi antara pemakai computer dengan dengan mesin computer. Contoh bahasa pemrograman diantaranya Pascal/Delphi, Basic, dan C/C++.
Bahasa pemrograman di bagi menjadi 2 (dua) kelompok. Kelompok pertama adalah Bahasa pemrograman tingkat tinggi (High Level Language) Seperti pascal, Basic, C, dan Fortran. Kelompok yang kedua adalah Bahasa pemrograman tingkat rendah (Low Level Language) yaitu assembly. Dari antara yang kedua itu ada yang berbasis system operasi DOS(for dos) dan ada juga yang berbasis ke pemrograman Windows (for windows).
Proses penyelesaian masalah
Sestiap orang pasti pernah dihadapkan pada suatu permasalahan termasuk saya, walau sekecil apapun , dalam proses penyelesaian masalah mereka akan selalu berusaha mencari solusi untuk menyelesaikan masalah yang sedang di hadapinya itu. Jika ditemukan satu model yang dianggap baik(cocok) untuk menyelesaikan masalah maka model tersebut akan dijadikan menjadi suatu konsep sebagai langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Tahapan-Tahapan Penyelesaian Masalah Sebagai Berikut :
1. Mendefinisikan masalah,
2. Mencari model-model penyelesaian masalah yang cocok.(Berkaitan dengan data & struktur data)
3. Menyusun konsep langkah- langkah penyelesaian masalah(Berupa algoritma)
4. Tahapan pelaksanaan urutan langkah-langkah penyelesaian permasalahan secara nyata( penyusunan program yang dijalankan oleh komputer).
Konsep ini di ambil & dipelajari dari buku pemrograman DELPHI !!!!!!
Directed by kony saputra

0 comment: